REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Insum Malawat Universitas Papua
  • Akhiruddin Akhiruddin Universitas Papua
  • Nursalam Nursalam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.466

Keywords:

pendidikan karakter, novel anak rantau, media audio visual (animasi)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dan menjadikan bahan ajar dengan menggunakan media audio visual (animasi) di SMP Yapis Manokwari. Dalam penelitian ini menggunakan sebuah pendekatan pragmatik dan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode campuran dengan menggunakan dua metode, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan beberapa data 16 pendidikan karakter menurut Kemendiknas dan juga menggunakan pendekatan pragmatik diantaranya, nilai pendidikan karakter manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, nilai pendidikan karakter hubungan manusia dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sesama, nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan diperoleh 39 data. Selain itu diperoleh data jawaban dari angket siswa yang menyatakan dengan menggunakan media pembelajaran dalam belajar sastra membuat siswa lebih bersemangat dan tidak mudah bosan dalam belajar

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Malawat, I. ., Akhiruddin, A., & Nursalam, N. (2023). REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 633–653. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.466