ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN SISWA MTS DARUL ULUM PETIYIN
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.498Keywords:
implikatur, percakapan, MTs Darul Ulum, guru, peserta didikAbstract
Bahasa merupakan bagian terpenting dalam berkomunikasi, peranan bahasa ini akan berdampak pada penerimaan seseorang. Bahasa yang baik dari penutur tentu akan mudah untuk dipahami oleh mitra tutur. Penggunaan bahasa yang baik ini harus diterapkan, khususnya di lembaga pendidikan seperti sekolah. Peneliti mengambil lokasi di MTs Darul Ulum Petiyin Lamongan untuk meneliti adanya implikatur percakapan siswa. Penelitian ini dirasa sangat penting mengingat implikatur percakapan sangat dekat dengan kegiatan sehari-hari, terutama di sekolah pada saat kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini berupa adanya implikatur pada percakapan saat proses belajar antara guru dan peserta didik yang berupa maksud dan sebab terjadinya implikatur serta fungsi ekspresif dan komisif dalam percakapan antara guru dan peserta didik.