ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN SISWA MTS DARUL ULUM PETIYIN

Authors

  • Meta Paramita Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya
  • Yuniseffendri Yuniseffendri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.498

Keywords:

implikatur, percakapan, MTs Darul Ulum, guru, peserta didik

Abstract

Bahasa merupakan bagian terpenting dalam berkomunikasi, peranan bahasa ini akan berdampak pada penerimaan seseorang. Bahasa yang baik dari penutur tentu akan mudah untuk dipahami oleh mitra tutur. Penggunaan bahasa yang baik ini harus diterapkan, khususnya di lembaga pendidikan seperti sekolah. Peneliti mengambil lokasi di MTs Darul Ulum Petiyin Lamongan untuk meneliti adanya implikatur percakapan siswa. Penelitian ini dirasa sangat penting mengingat implikatur percakapan sangat dekat dengan kegiatan sehari-hari, terutama di sekolah pada saat kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini berupa adanya implikatur pada percakapan saat proses belajar antara guru dan peserta didik yang berupa maksud dan sebab terjadinya implikatur serta fungsi ekspresif dan komisif dalam percakapan antara guru dan peserta didik.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Azizah, M. P. N., Suhartono, S., & Yuniseffendri, Y. (2024). ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN SISWA MTS DARUL ULUM PETIYIN. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 9(1), 68–77. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.498