STRUKTUR PERCAKAPAN SISWA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP PANCA JAYA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.513Keywords:
percakapan, guru, siswa, pragmatikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan struktur dari percakapan siswa dengan guru di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Panca Jaya Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini melalui informan yaitu interaksi antara siswa dan guru yang dilaksanakan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Panca Jaya Surabaya. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi interaksi guru dan siswa. Teknik uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik uji kredibilitas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa kegiatan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan sebagai tahap verifikasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ditemukan lima struktur percakapan dalam kajian pragmatik, yaitu gilir wicara, jeda, overlaps, backchannel, dan pasangan ajesensi. Melalui proses analisis lima struktur tersebut membangun situasi keragu-raguan, persetujuan, keriuhan kelas, kefokusan, dan ketenangan kelas.