PENGARUH CERITA TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE DEMONSTRANSI PADA SISWA SMA NEGERI DI PANDEGLANG

Authors

  • Meliyawati Meliyawati Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ediwarman Ediwarman Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.817

Keywords:

cerita pendek, demonstrasi, Keterampilan Menulis

Abstract

Tujuan dari studi ekspresi tertulis adalah agar siswa menjelaskan pengetahuan, perasaan, ide dan imajinasinya dengan cara yang benar dan efektif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cerita terhadap keterampilan menulis cerita cerpen kelas X . Proses penelitian dirancang dengan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan selama prosiding kelas Ekspresi Tertulis di papan. Siswa dalam penelitian ini terdiri dari 45 Responden, 30 perempuan dan 15 laki – laki . Cerita-cerita yang ditulis murid kelas x hasil penerapan kegiatan peta cerita di kelas telah diteliti. Telah diamati bahwa murid  kelas x  telah memasukkan topik, mata pelajaran, tokoh utama, pendahuluan dan bagian tubuh dalam cerita sebagai hasil dari  kegiatan peta cerita yang diterapkan di kelas. Terlihat bahwa, sebagai hasil dari penerapan kegiatan peta cerita di kelas, murid kelas x telah menggambarkan tokoh utama, tokoh sekunder, lingkungan dan waktu pada tingkat yang lebih tinggi dalam cerita mereka. Ketika tingkat keberhasilan murid kelas  x dalam menulis cerita telah diperiksa, perbedaan yang berarti antara penilaian awal dan penilaian akhir ditemukan mendukung penilaian akhir.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Meliyawati, M., & Ediwarman, E. (2024). PENGARUH CERITA TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE DEMONSTRANSI PADA SISWA SMA NEGERI DI PANDEGLANG . Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 419–434. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.817