PENGARUH MODEL SELF-REGULATED LEARNING BERBANTUAN BERITA ELEKTRONIK DAN SINIAR (BERSINAR) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EDITORIAL
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.215Keywords:
Self-regulated Learning, Media Bersinar, Teks EditorialAbstract
Pembelajaran jarak jauh mengharuskan peserta didik belajar mandiri, dalam arti peserta didik harus dapat mengatur jadwal untuk dirinya sendiri. Model pembelajaran yang digunakan harus menyesuaikan dengan kondisi pada saat pembelajaran, baik pembelajaran daring ataupun pembelajaran tatap muka. Penerapan model pembelajaran yang cocok akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengklasifikasi berita berdasarkan fakta-fakta yang bersumber dari media Berita Elektronik dan Siniar (Bersinar); (2) mengujicobakan kemampuan menulis teks editorial menggunakan model self-regulated learning berbantuan berita elektronik dan siniar (bersinar); dan (3) mengetahui pengaruh model self-regulated learning berbantuan berita elektronik dan siniar (Bersinar) dalam menulis teks editorial. Jenis penelitian one-group pretest posttest design, merupakan penelitian yang tidak menggunakan kelas pembanding. Pada desain one group pretest posttest design sudah menggunakan tes awal, sehingga besarnya pengaruh penggunaan self-regulated learning dapat diketahui secara pasti. Metode penelitian ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan dan dilanjutkan dengan pemberian posttest sebagai bahan evaluasi. Hasil dari keduanya peneliti bandingkan guna mengetahui sejauh mana efektivitas atau pengaruh model self-regulated learning dalam pembelajaran menulis teks editorial. Dari hasil uji statistik menggunakan SPSS didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model self-regulated learning terhadap pembelajaran menulis teks editorial.