ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIA ONLINE CNBC INDONESIA DAN REPUBLIKA.CO.ID TERKAIT PEREKONOMIAN RI PADA KTT G20 BALI
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.426Keywords:
Media Online, Perekonomian RI KTT G20 Bali, analisis framingAbstract
Penelitian ini membahas mengenai analisis framing dalam pemberitaan media online CNBC Indonesia.com dan Republika.co.id terkait perekonomian RI pada KTT G20 Bali. Berita yang dianalisis yaitu berjudul Ekonomi RI Mulai Melambat, KTT G20 Bali Gak Bantu Banyak! (CNBC Indonesia.com) dan KTT G20 Sukses, Indonesia Dinilai Untung di Aspek Ekonomi dan Budaya (Republika.co.id). Untuk menganalisis kedua berita tersebut, peneliti menggunakan analisis framing dari model Zhong Dang Pan dan M. Kosicki. Framing merupakan bagaimana sebuah media membingkai suatu informasi berita, dengan menggunakan strategi guna mengembangkan dan mengolah suatu wacana dalam berita itu sendiri. Strategi yang dipakai oleh ahli Pan, Z & Kosicki. Metode penelitian yang dipakai ialah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ialah media online CNBC Indonesia.com dan Republika.co.id. Objek penelitian yang digunakan merupakan masing-masing satu teks berita dalam dua media online yang dimuat pada November 2022. Sehingga, dapat diketahui bahwa tujuan penelitian ialah untuk mengetahui pembingkaian media online pemberitaan terkait perekonomian RI pada KTT G20 Bali. Penelitian ini nantinya akan menghasilkan sebuah perbandingan analisis framing dari kedua berita pada media online CNBC Indonesia.com dan Republika.co.id.