ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 4 TAHUN MELALUI PENGUKURAN MEAN LENGTH OF UTTERENCE DALAM ASPEK FONOLOGI DAN SINTAKSIS
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.871Keywords:
Pemerolehan Bahasa, Fonologi, SintaksisAbstract
Penelitian ini merupakan pemerolehan bahasa pada anak yang berusia 4 tahun. Tujuannya adalah untuk menjelaskan hasil analisis pemerolehan bahasa melalui pengukuran mean length of utterence dalam aspek fonologi dan sintaksis. Penelitian ini difokuskan pada perhitungan MLU. Dalam penelitian diperoleh dari 1 informan, terdiri atas satu perempuan. Data dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif. Langkah penelitian berupa pengumpulan data, analisis data, dan penyampaian hasil analisis. Pada tahap penyediaan data dengan teknik simak, wawancara dan rekaman. Pada analisis data menggunakan pendekatan sinkronik. Penelitian ini menunjukkan bahasa anak berada pada tahap III, sehingga perkembangan bahasanya masih rendah, terdapat pengucapan fonem yang belum sempurna yaitu bunyi /R/ saat dia mengucapkan bunyi /R/ yang dilafalkannya bunyi /L/. Adapun kelas kata yang sudah dikenal oleh Nabila seperti Nomina (N), verba (V) Adjektiva (Adj), Numeralia (Num), Preposisi (Pre), dan Konjungsi (K).