EFEKTIVITAS MEDIA PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOHBENER INDRAMAYU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Salsabilla Agustin Universitas Wiralodra
  • Eli Herlina Universitas Wiralodra
  • Saroni Saroni Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.976

Keywords:

Efektivitas, Media Peta Pikiran, Pembelajaran, Teks Eksposisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui efektivitas media peta pikiran dalam pembelajaran teks ekspoisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lohbener Indramayu Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan siswa SMA Negeri 1 Lohbener kelas X dalam menulis teks ekposisi sebelum menggunakan media peta pikiran, 2) mengetahui kemampuan siswa SMA Negeri 1 Lohbener kelas X sesudah menggunakan media peta pikiran, 3) mengetahui keefektivitasan media peta pikiran dalam pembelajaran menulis tekss ekposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lohebener. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperiem. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest. Untuk sampel penelitian ini adalah kelas X-B dengan jumlah 30 peserta didik dan untuk pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini mengelami peningkatan nilai rata-rata pada pretest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62,8 sedangkan pada posttest  mendapatkan nilai rata-rata 80,8. Berdasarkan hal tersebut, media peta pikiran efektif dalam pembelajaran teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Lohebener Indramayu Tahun Pelajaran 2023/2024 telah dibuktikan dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung 9,52 > ttabbel 1,70. Jadi dapat disimpulkan bahwa media peta pikiran dalam pembelajaran teks eksposisi di kelas X SMA Negeri 1 Lohbener Tahun Pelajaran 2023/2024 efektif.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Agustin, S., Herlina, E., & Saroni, S. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOHBENER INDRAMAYU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 788–799. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.976

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>