NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN LELAKI YANG TUBUHNYA HABIS DIMAKAN IKAN-IKAN KECIL KARYA MASHDAR ZAINAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Authors

  • Sigt Fajar Ubaedulah Universitas Wiralodra
  • Eli Herlina Universitas Wiralodra
  • Saroni Saroni Universitas Wiralodra
  • Eka Susanti SMA Negeri 2 Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1311

Keywords:

Pendidikan karakter, Cerpen, Bahan ajar sastra

Abstract

Karya sastra berperan penting dalam membentuk karakter siswa sejak usia dini, khususnya melalui penyampaian nilai-nilai moral dan kemanusiaan. Cerpen Lelaki yang Tubuhnya Habis Dimakan Ikan-ikan Kecil karya Mashdar Zainal merefleksikan nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan untuk siswa sekolah menengah pertama. Cerita ini mengangkat kehidupan masyarakat pesisir serta perjuangan seorang anak yang menggantikan peran ayahnya dengan penuh tanggung jawab dan pengorbanan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen tersebut dan menganalisis relevansinya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerpen ini memuat berbagai nilai karakter, seperti religiusitas, mandiri, gotong royong ,cinta tanah air, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, cinta lingkungan, rasa ingin tahu dan peduli sosial. Dengan narasi yang menyentuh dan muatan lokal yang kuat, cerpen ini layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Ubaedulah, S. F., Herlina, E., Saroni, S., & Susanti, E. (2025). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN LELAKI YANG TUBUHNYA HABIS DIMAKAN IKAN-IKAN KECIL KARYA MASHDAR ZAINAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 10(2), 545–551. https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1311